Perangkat Mengajar https://www.afit-emy.web.id Sat, 17 Aug 2019 00:48:11 +0000 Joomla! - Open Source Content Management en-gb Format RPP 2016 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/19-format-rpp-2016 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/19-format-rpp-2016

Mengacu pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.

Komponen RPP mencakup: (1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi; (4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan metode; (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah pembelajaran, dan (9) penilaian pembelajaran.

         

 Komponen RPP untuk SMK secara operasional diwujudkan dalam bentuk format sebagai berikut.

{pdf=http://afit-emy.web.id/images/format_rpp.pdf|100%|600|native}

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Mon, 24 Oct 2016 02:20:34 +0000
Komponen kurikulum 2013 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/16-komponen-kurikulum-2013 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/16-komponen-kurikulum-2013

Kebijakan Pemerintah tentang kurikulum 2013

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang implementasi Kurikulum 2013 SMK pada tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Bersama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor 5496/C/KR/2014 dan Nomor 7915/D/KP/2014 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 pada Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

 Dalam penyusunan kurikulum 2013 perlu diketahui beberapa komponen diantaranya :

  1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada pendidikan SMK adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dapat dicapai setelah peserta didik menyelesaikan masa belajar.SKL merupakan acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya Kompetensi Inti dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD).
  2. Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai SKL.
  3. Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Intiyang harus diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran. Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran serta perkembangan belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti dan dikembangkan berdasarkan taksonomi hasil belajar.
  4. Taksonomi dimaknai sebagai seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku peserta didik yang terbagi ke dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pembagian ranah perilaku belajar dilakukan untuk mengukur perubahan perilaku seseorang selama proses pembelajaran sampai pada pencapaian hasil belajar, dirumuskan dalam perilaku (behaviour) dan terdapat pada indikator pencapaian kompetensi.
]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Thu, 10 Sep 2015 07:48:37 +0000
program semester semester genap https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/13-jaringan-dasar https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/13-jaringan-dasar

SMK ARDJUNA 1 MALANG

PROGRAM SEMESTER

                                                                             
                                                                             
 

Mata Pelajaran

: Jaringan Dasar

                                           

Semester

 

:

Ganjil

 

Kelas

   

: X (Sepuluh)

                                                 

T.P

     

:

2014 / 2015

                                                                             
                                                                             

No

Kompetensi dasar/Materi Pokok (Termasuk Uji kopetensi dan ujian semester)

Alokasi Waktu

B U L A N

Ket.

JANUARI

FEBRUARI

MARET

APRIL

MEI

JUNI

SK

KD

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

2

3,6

Memahami Protokol pengalamatan jaringan

 5 (2 x 45")

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari efektif

 

3,7

Memahami perangkat keras jaringan

5 (2 x 45")

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Libur semester/hari besar

 

3,8

Memahami aplikasi jaringan pada sistem operasi operasi komputer

4 (2 x 45")

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ujian Semester

 

3,9

Memahami penggelaran  jaringan sederhana horisontal

4 (2 x 45”)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ujian Kompetensi / Sub kompetensi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MID Semester

                                                                             
                                                                             
 download                                                                                

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Wed, 08 Apr 2015 03:01:43 +0000
RPP Pemrograman dasar kd 3.1 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/11-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-1 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/11-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-1

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                            :  SMK ARDJUNA 1 MALANG

Kelas                                          :  X

Semester                                     :  GANJIL

Program Keahlian                        :  TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)

Mata Pelajaran                            :  PEMROGRAMAN DASAR

Jumlah Pertemuan                        :  16 JP [8 X (2 x 45 Menit)]

Kompetensi dasar                        :  KD.3.1 Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemerograman

                                                      KD.4.1  Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan

Materi pokok                               :  Konsep Algoritma Pemrograman

 

A.     Kompetensi Inti

KI 1    :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI 2    :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3     :   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4     :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

3.1        Memahami struktur algoritma penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman

Indikator :

3.1.1       Menyebutkan konsep algoritma pemrograman dengan benar

3.1.2       Menyebutkan struktur penulisan algoritma pemrograman menggunakan diagram  atau simbol algoritma dengan benar

3.1.3      Menyebutkan dan menjelaskan komponen algoritma (variabel, type data dan operator) pemrograman dengan tepat dan benar

4.1        Menggunakan algoritma percabangan untuk pemecahan permasalahan

Indikator :

4.1.1.   Menggambarkan / menuliskan algoritma pemrograman sesuai dengan struktur penulisannya menggunakan diagram atau simbol algoritma untuk memecahkan permasalahan dengan tepat dan benar

C.      Tujuan Pembelajaran

<!  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya dan menggunakannya untuk mengembangkan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

<!  2)     Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki danmenunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam             melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan gerbang logika.

<!  3)   Setelah melakukan pembelajaran tentang konsep algoritma, siswa dapat mengerti dan memahamikonsep penggunaan data dalam algoritma     dan konsep penulisan algoritma sesuai dengan struktur penulisannya baik menggunakan diagram atau simbol untuk menyelesaikan masalah.

<!  4)  Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapatmenuliskan / menggambarkan algoritma sesuai dengan struktur penulisannya baik menggunakan     diagram atau simbol untuk menyelesaikan masalah.

D.     Materi Pembelajaran

Algoritma percabangan

1)     Konsep Algoritma

2)     Struktur algoritma

3)     Algoritma menggunakan bahasa natural

4)     Pengenalan variabel

5)     Pengenalan type data

6)     Pengenalan operator

7)     Pseudocode

8)     Flowchart

9)     Penggunaan tool flowchart

E.      Metode Pembelajaran

1)    Ceramah

2)    Diskusi

3)    Tanya jawab

4)    Penugasan

F.       Model pembelajaran

Pertemuan 1

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Think-Pair and Share dengan pendekatan scientific dengan langkah- langkah :

1.     Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai

2.     Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru

3.     Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing

4.     Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya

5.   Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa

6.    Guru memberi kesimpulan

7.    Penutup

 

Pertemuan 2,3,4,5,6

Metode pembelajaran yang digunakan adalah STAD dengan pendekatan scientific dengan langkah- langkah :

1.   Membentuk kelompok yang anggotanya 3-4 orang secara  heterogen (campuran menurut  prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

2.      Guru menyajikan pelajaran

3.    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

4.      Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu

5.      Memberi evaluasi

6.      Kesimpulan

Pertemuan 7,8

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Problem Base Instruction (PBI) dengan pendekatan scientific dengan langkah – langkah :

1.   Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih

2.  Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)

3.   Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.

4.      Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

5.     Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal(30 menit)

Mengamati

Guru memberikan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari yang dapat mengasah / menggali cara berfikir siswa menggunakan logika.  

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru

B.      Kegiatan Inti  (45 menit)

Mengeksplorasi

Siswa berpasangan dengan sesama temannya (kelompok minimal 2 orang)

Mengeksplorasi sebuah permasalahan menggunakan alur logika / algoritma

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang cara memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari hari menggunakan logika / algoritma

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah menggunakan logika / algoritma

C.      Penutup (15 menit)

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah logika / algoritma

Pertemuan 2

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (30 menit)

Mengamati

Guru memberikan pelbagai contoh penerapan algoritma dasar menggunakan bahasa natural

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan algoritma pemrograman yang digunakan

B.      Kegiatan Inti  (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam sebuah kelompok kecil dan memberikan sebuah soal yang harus diselesaikan oleh masing – masing kelompok menggunakan algoritma pemrograman dalam bahasa natural

Siswa berkelompok dan mendiskusikan pemecahan permasalahan yang diberikan oleh guru

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan bahasa natural

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah menggunakan algoritma sederhana dalam bahasa natural

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 3

A.     Pendahuluan/Kegiatan Awal.(30 menit)

Mengamati

Guru menjelaskan tentang konsep variabel dan type data serta memberikan pelbagai contoh penerapan variabel dan type data dalam bahasa pemrograman

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan variabel dan type data

B.     Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam sebuah kelompok kecil

Guru memberikan sebuah soal yang berkaitan dengan variabel dan type data pada masing – masing kelompok

Siswa berkelompok dan mendiskusikan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang variabel dan type data dan penerapannya dalam bahasa pemrograman

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang jawaban yang diperoleh dari masing – masing kelompok

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 4

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal.(30 menit)

Mengamati

Guru menjelaskan tentang konsep operator serta memberikan pelbagai contoh penerapan operator data dalam bahasa pemrograman

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan operator dan penerapannya dalam bahasa pemrograman

B.      Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam sebuah kelompok kecil

Guru memberikan sebuah soal yang berkaitan dengan operator pada masing – masing kelompok

Siswa berkelompok dan mendiskusikan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang operator dan penerapannya dalam bahasa pemrograman

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang jawaban yang diperoleh dari masing – masing kelompok

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 5

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal(30 menit)

Mengamati

Guru menjelaskan tentang konsep perancangan algortima pseudocode

Menanya

Mengajukan pertanyaan algoritma pseudocode

B.      Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil

Guru membagikan kepada masing – masing kelompok sebuah algoritma sederhana dalam bahasa natural

Guru menugaskan kepada masing – masing kelompok untuk merancang sebuah algoritma pseudocode

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penggunaan algoritma pseudocode dalam algoritma pemrograman.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang penggunaan algoritma pseudocode

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 6

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal(30 menit)

Mengamati

Guru menayangkan sebuah presentasi dan menjelaskan tentang simbol – simbol diagram alir flochart beserta penggunaanya

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan simbol – simbol diagram alir flowhart

B.      Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil

Guru membagikan kepada masing – masing kelompok sebuah algoritma sederhana dalam bahasa natural

Guru menugaskan kepada masing – masing kelompok untuk menggambarkan simbol flowchart dari algoritma yang telah diterima oleh masing – masing kelompok

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penggunaan simbol flowcart dalam algoritma pemrograman.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang penggunaan simbol flowchart

C.      Penutup (15 menit)

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan simbol – simbol diagram alir flowhart

 

Pertemuan 7,8

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal.(30 menit)

Mengamati

Guru mendemonstrasikan tools dalam aplikasi MS word yang bisa digunakan untuk pembuatan diagram alir flowchart.

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan tools dalam aplikasi MS Word

B.      Kegiatan Inti (30 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil

Guru memberikan sebuah proyek kecil yang harus dikerjakan siswa menggunakan algoritma pemrograman dalam bentuk bahasa pseudocode dan diagram alir flowchart

Mengasosiasi

Menyelesaikan proyek kecil yang diberikan oleh guru dan menggambarkannya dalam aplikasi MS Word

C.      Penutup (30 menit)

Mengkomunikasikan

Mempresentasikan dan mendemonstrasikan hasil kerja proyek oleh masing – masing kelompok

H.      Alat / Media / Sumber Pembelajaran

a.      Alat : software aplikasi Power point, software aplikasi MS Word

b.     Media : file presentasi power point

c.     Sumber belajar : joobsheet, buku paket

d.    Referensi :

Sutedjo, budi, Algoritma dan  Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.  

Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011

 

I.        Penilaian hasil belajar

  1. Penilaian Proses :

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Bentuk penilaian

Instrumen Penilaian

1.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Pengamatan

Lembar Pengamatan sikap

2.

Peduli

3.

Responsif 

4.

Santun

 

  1. Penilaian Kinerja

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

·      Menjelaskan konsep algoritma pemrograman dasar dalam bentuk bahasa natural, pseudocode maupun flowchart

·     Menjelaskan konsep type data, variabel dan operator

Tes tertulis

Isian

Lembar penilaian

Melakukan perencanaan algoritma dalam bentuk bahasa natural, pseudocode dan flowchart

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Melakukan pendeklarasikan variabel dan type data dan operator dalam perancangan algoritma dalam bentuk bahasa natural, pseudocode dan flowchart

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

 


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

 

Mata Pelajaran            : Sistem komputer

Kelas/Semester            : X/Ganjil

Tahun Pelajaran           : 2013/2014

Waktu Pengamatan     :

Indikator sikap tanggung jawab dalam pembelajaran Sistem Komputer

1.   Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan

2.   Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan tetapi belum ajeg/konsisten

3.     Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap peduli dalam kegiatan kelompok.

1.   Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk peduli dalam kegiatan kelompok.

2.   Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk peduli dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.    Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha peduli dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2.     Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.     Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap santun terhadap proses pembelajaran.

1.       Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku. 

2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku secara terus menerus dan ajeg/konsisten

 Contoh Form : A

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Tanggung jawab

Peduli

Responsif

Santun

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

KB      : Kurang baik

B         : Baik

SB       : Sangat baik

 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Mata Pelajaran                        : Sistem Komputer

Kelas/Semester                        : X/Ganjil

Tahun Pelajaran                       : 2013/2014

Waktu Pengamatan                 :

 

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya

1.     Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya

2.      Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya tetapi belum tepat.

3.      Sangat terampill  jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

 

No

 

Nama Siswa

 

Keterampilan

KT

T

ST

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

Keterangan:

KT       : Kurang terampil

T          : Terampil

ST        : Sangat terampil        

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Mon, 25 Aug 2014 01:17:51 +0000
RPP Pemrograman Dasar KD 3.4 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/9-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-4 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/9-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-4

Untitled Document

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK ARDJUNA 1 MALANG
Kelas : X TKJ
Semester : GENAP
Program Keahlian : TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
Jumlah Pertemuan : 4 X (2 x 45 Menit)
Materi pokok : Menerapkan Bahasa Pemrograman

A. Kompetensi Inti

  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

  1.1 : Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
  1.2 : engamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
  2.1 : Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
  2.2 : Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
  3.4   Menerapkan Bahasa Pemrograman
     

Indikator :

  1. Mengetahui cara mengoperasikan software bahasa pemrograman
  2. Mengetahui fungsi tools/framework pada software bahasa pemrogaman
  3. Mengetahui struktur penulisan pada software bahasa pemrograman
  4. Mengetahui standart input /output dalam bahasa pemrograman
  5. Mengetahui cara mengkompilasi dan menjalankan program sederhana pada software bahasa pemrograman
  4.4   Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
    :

Indikator :

  1. Dapat mengoperasikan software bahasa pemrograman dengan benar dan lancar
  2. Dapat mengelola tools/framework pada software bahasa pemrograman dengan tepat
  3. Dapat menuliskan struktur penulisan bahasa pemrograman ke dalam software bahasa pemrograman dengan benar
  4. Dapat menuliskan perintah input/output ke dalam software bahasa pemrograman dengan benar
  5. Dapat mengkompilasi dan menjalankan program sederhana menggunakan software bahasa pemrograman dengan tepat dan benar

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya dan menggunakannya untuk mengembangkan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan penerapan bahasa pemrograman.
  3. Setelah melakukan percobaan menerapkan bahasa pemrograman, siswa dapat mengerti dan memahami langkah menerapkan bahasa pemrograman baik melalui lisan maupun tulisan.
  4. Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat melakukan penerapan bahasa pemrograman dengan benar secara lisan mupun tulisan.

D. Materi Pembelajaran

  1. Pengenalan bahasa pemrograman
  2. Pengenakan tools/framework pengembangan program
  3. Installasi tools bahasa pemrograman
  4. Struktur bahasa pemrograman
  5. Standar input/output dalam bahasa pemrograman
  6. Kompilasi dan eksekusi program
  7. Perbaikan kesalahan

E. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Tanya jawab
  4. Penugasan

F. Model Pembelajaran

Problem Base Instruction (PBI) dengan pendekatan scintific dengan langkah – langkah :

  1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati Guru mendemonstrasikan langkah – langkah installasi software bahasa pemrograman
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan installasi software bahasa pemrograman
Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi Melakukan installasi software bahasa pemrograman
Mengasosiasi Membuat ulasan tentang installasi software bahasa pemrograman dan penanganan error saat installasi bahasa pemrograman
Mendiskusikan hasil pemecahan masalah installasi software bahasa pemrograman secara berkelompok
Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah installasi bahasa pemrograman

Pertemuan 2

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati Guru menjelaskan macam – macam menu tools / framework editor dalam software bahasa pemrograman serta menjelaskan fungsi dan teknik penggunaannya
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan tools / framework pada software bahasa pemrograman
Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi Mengeksplorasi fungsi masing-masing menu tools / framework editor dalam software bahasa pemrograman
Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang menu tools / framework editor dalam software bahasa pemrograman

Mendiskusikan fungsi dan teknik pengoperasian menu tools / framework editor bahasa pemrograman secara berkelompok
Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan menu tools / framework editor bahasa pemrograman

Pertemuan 3

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati

Guru mendemonstrasikan struktur penulisan program dalam bahasa pemrograman
Guru mendemonstrasikan penulisan sebuah program sederhana sesuai dengan struktur penulisan program
Guru mendemonstrasikan teknik kompilasi dan eksekusi program

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait teknik penulisan struktur program dalam software bahasa pemrograman dan teknik kompilasi serta eksekusi program

Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi

Menuliskan kode program sederhana sesuai dengan struktur program dalam bahasa pemrograman
Mengkompilasi dan mengeksekusi program sederhana

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penulisan program sederhana sesuai dengan struktur bahasa pemrograman dan hasil kompilasi serta eksekusi program
Mendiskusikan hasil pemecahan masalah tentang penulisan program dan hasil kompilasi terta eksekusi program secara berkelompok

Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang struktur penulisan program dan hasil kompilasi serta eksekusi program sederhana

Pertemuan 4

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati

Guru mendemonstrasikan perintah input/output dan teknik penulisannya dalam bahasa pemrograman

Guru mendemonstrasikan teknik kompilasi dan eksekusi program

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait teknik penulisan input/output dalam pemrograman dan teknik kompilasi serta eksekusi program

Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi

Menuliskan kode program input/output sederhana sesuai dengan struktur program dalam bahasa pemrograman
Mengkompilasi dan mengeksekusi program sederhana

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penulisan program input/output sederhana sesuai dengan struktur bahasa pemrograman dan hasil kompilasi serta eksekusi program

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah tentang penulisan program input/output dan hasil kompilasi terta eksekusi program secara berkelompok
Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang struktur penulisan program input/output dan hasil kompilasi serta eksekusi program sederhana

G. Alat / Media / Sumber Pembelajaran

  1. Alat : software aplikasi Power point, software bahasa pemrograman
  2. Media : file presentasi power point, LCD Proyektor
  3. Sumber belajar : joobsheet, buku paket
  4. Referensi :
  • Hendi Hudaya,Agus Tukiman dan Gina Isyaora .2010. Teknik Komputer dan Jaringan seri A. Bandung : ARMICO
    Fauziah S.Kom., msi, 2011, Teknik Komputer Jaringan seri 1, Ciawi-Bogor : Yudistira

H. Penilaian hasil belajar

  1. Penilaian Proses :

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Bentuk penilaian

Instrumen Penilaian

1.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Pengamatan

Lembar Pengamatan sikap

2.

Peduli

3.

Responsif  

4.

Santun

  1. Penilaian Kinerja

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

Memahami teknik penulisan struktur  bahasa pemrograman dan perintah dasar input/output dalam bahasa pemrograman

Tes tertulis

Isian

Lembar penilaian

Melakukan installasi software bahasa pemrograman

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Melakukan penulisan program input/output sederhana dan kompilasi serta eksekusi program sesuai prosedur

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Soal :

  1. Tuliskan sebuah script program sederhana untuk menampilkan kalimat berikut ini :

                        Ini Program C++ Pertama Saya

      • Simpan program dengan nama latihan1.cpp!
      • Compile dan jalankan program tersebut !

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Fri, 16 May 2014 10:33:15 +0000
RPP Sistem Komputer https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/5-rpp-sistem-komputer https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/5-rpp-sistem-komputer

Berikut ini adalah contoh RPP sistem komputer yang sudah mengacu pada kurikulum 2013 sesuai dengan permendiknas

silahkan menikmati ....

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                             :      SMK ARDJUNA 1 MALANG

Kelas                                           :      X

Semester                                      :      GANJIL

Program Keahlian                       :      TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)

Mata Pelajaran                            :      SISTEM BILANGAN KOMPUTER

Jumlah Pertemuan                       :      3 X (2 x 45 Menit)

Materi pokok                               :      Menggambarkan gerbang logika dasar

A.      Kompetensi Inti

KI 1     :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3     :    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4     :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1     Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2     Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2         Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

3.1         Memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)

Indikator :

1.                  Menjelaskan relasi logik dan fungsi gerbang logika dasar (AND, OR, NOT, NAND, EXOR) baik secara lisan maupun tulisan

4.1         Merencanakan rangkaian penjumlah dan pengurang dengan gerbang logika (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)

Indikator :

4.1.1        Melakukan perencanaan rangkaian penjumlah dan pengurang dengan gerbang logika (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)

C.      Tujuan Pembelajaran

1)      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya dan menggunakannya untuk mengembangkan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

2)      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki danmenunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan gerbang logika.

3)      Setelah melakukan percobaan sistem bilangan komputer, siswa dapat mengerti dan memahamikarakteristik sistem bilangan biner, oktal dan heksa desimal baik melalui lisan maupun tulisan.

4)      Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat melakukan konversi sistem bilangan biner, desimal, oktal dan heksa dengan benar secara lisan mupun tulisan.

D.      Materi Pembelajaran

Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar

·     Relasi logik

·     Operasi logik

·     Fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT)

·     Fungsi gerbang kombinasi (NAND, NOR, XOR, XNOR)

·     Penggunaan operasi logik

 

E.       Metode Pembelajaran

1)             Ceramah

2)             Diskusi

3)             Tanya jawab

4)             Penugasan

 

F.       Model pembelajaran

Problem Base Instruction (PBI) dengan pendekatan scintific dengan langkah – langkah :

1.      Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih

2.      Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)

3.      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.

4.      Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

5.      Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

G.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)

Mengamati

Guru menayangkan sebuah vidio tentang Relasi logik dan fungsi gerbang dasar yang dinyatakan dalam  4 pernyataan yaitu simbol, tabel kebenaran, persamaan fungsi, dan sinyal fungsi waktu  

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan relasi logik dan fungsi gerbang dasar

B.        Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)

Mengeksplorasi

Mengeksplorasi fungsi masing-masing gerbang untuk 2 buah input data masing-masing  8 bit

Mengeksplorasi operasi logik untuk memecahkan masalah

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang hubungan antara nama gerbang (AND, OR, dan NOT ) dengan hasil keluaran.

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah menggunakan operasi logik secara berkelompok

C.        Penutup ................................................................................................................. (15 menit)

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah menggunakan operasi logik

Pertemuan 2

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)

Mengamati

Guru menayangkan sebuah vidio tentang Relasi logik dan fungsi gerbang dasar yang dinyatakan dalam  4 pernyataan yaitu simbol, tabel kebenaran, persamaan fungsi, dan sinyal fungsi waktu  

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan relasi logik dan fungsi gerbang dasar

B.        Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)

Mengeksplorasi

Mengeksplorasi fungsi masing-masing gerbang untuk 2 buah input data masing-masing  8 bit

Mengeksplorasi operasi logik untuk memecahkan masalah

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang hubungan antara nama gerbang (NAND, NOR, XOR dan XNOR ) dengan hasil keluaran.

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah menggunakan operasi logik secara berkelompok

C.        Penutup ................................................................................................................. (15 menit)

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah menggunakan operasi logik

Pertemuan 3

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)

Mengamati

Guru menayangkan sebuah vidio tentang teknik menggambar Relasi logik dan fungsi gerbang dasar yang dinyatakan dalam  4 pernyataan yaitu simbol, tabel kebenaran, persamaan fungsi, dan sinyal fungsi waktu menggunakan software DSCH

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan relasi logik dan fungsi gerbang dasar

B.        Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)

Mengeksplorasi

Mengeksplorasi fungsi masing-masing gerbang untuk 2 buah input data masing-masing  8 bit

Mengeksplorasi operasi logik untuk memecahkan masalah

Mengasosiasi

Membuat desain gerbang (AND, OR, NOT, NOR, XOR dan XNOR ) dengan hasil keluaran menggunakan software DSCH.

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah menggunakan operasi logik secara berkelompok

C.        Penutup ................................................................................................................. (15 menit)

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah menggunakan operasi logik

H.      Alat / Media / Sumber Pembelajaran

a.       Alat : software aplikasi Power point, software pemutar vidio / animasi flash, software DSCH

b.      Media : file presentasi power point, vidio animasi gerbang logika

c.       Sumber belajar : joobsheet, buku paket

d.      Referensi :

Hendi Hudaya,Agus Tukiman dan Gina Isyaora .2010. Teknik Komputer dan Jaringan seri A. Bandung : ARMICO

Fauziah S.Kom., msi, 2011, Teknik Komputer Jaringan seri 1, Ciawi-Bogor : Yudistira

I.         Penilaian hasil belajar

  1. Penilaian Proses :

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Bentuk penilaian

Instrumen Penilaian

1.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Pengamatan

Lembar Pengamatan sikap

2.

Peduli

3.

Responsif  

4.

Santun

 

  1. Penilaian Kinerja

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

Menjelaskan relasi logik dan fungsi gerbang logika dasar (AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR dan XNOR)

Tes tertulis

Isian

Lembar penilaian

Melakukan perencanaan rangkaian penjumlah dan pengurang dengan gerbang logika (AND, OR, NOT)

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Melakukan perencanaan rangkaian penjumlah dan pengurang dengan gerbang logika (NAND, NOR, XOR dan XNOR)

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

 

Soal :

1.      Diketahui rangkaian digital seperti ini :

 
 

 

 

 

     Carilah persamaan booleannya ?

2.      Diketahui rangkaian digital seperti ini :

 
 

 

 

 

 

Carilah persamaan booleannya dan jika diketahui nilai inputan A dan B tinggi (1) dan nilai inputan yang lain rendah (0) maka cari nilai hasil keluarannya ?

 

3.      Diketahui rangkaian digital seperti ini :

 
 

 

 

     Carilah persamaan booleannya ?

 

 

4.      Diketahui rangkaian digital seperti ini :

 
 

 

 

 

    Carilah persamaan booleannya ?

 

 

 

5.    Gambarlah gerbang AND yang terdiri dari 4 masukan dng masing – masing masukan terdiri dari gerbang AND dengan 2 masukan?

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

 

Mata Pelajaran            : Sistem komputer

Kelas/Semester            : X/Ganjil

Tahun Pelajaran           : 2013/2014

Waktu Pengamatan     :

Indikator sikap tanggung jawab dalam pembelajaran Sistem Komputer

1.       Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalammelaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan

2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungansecara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap peduli dalam kegiatan kelompok.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk peduli dalam kegiatan kelompok.

2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk peduli dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha peduli dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap santun terhadap proses pembelajaran.

1.        Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku. 

2.        Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah lakusecara terus menerus dan ajeg/konsisten

 

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Tanggung jawab

Peduli

Responsif

Santun

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

KB      : Kurang baik

B         : Baik

SB       : Sangat baik

 

 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Mata Pelajaran                        : Sistem Komputer

Kelas/Semester                        : X/Ganjil

Tahun Pelajaran                       : 2013/2014

Waktu Pengamatan                 :

 

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya

1.      Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya

2.      Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya tetapi belum tepat.

3.      Sangat terampill  jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

 

No

 

Nama Siswa

 

Keterampilan

KT

T

ST

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

11.

 

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

 

14

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

Keterangan:

KT       : Kurang terampil

T          : Terampil

ST        : Sangat terampil        

 

Penilaian Konsep Diri Peserta Didik

 

Nama sekolah              :

Mata Ajar                    :

Nama                           :

Kelas                           :

 

 

 

No.

 

Pernyataan

Alternatif

Ya

Tidak

1

Saya berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar

 

 

2

Saya berusaha belajar dengan sungguh- sungguh

 

 

3

Saya optimis bisa meraih prestasi

 

 

4

Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita

 

 

5

Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah dan masyarakat

 

 

6

Saya suka membahas masalah politik, hukum dan pemerintahan

 

 

7

Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang berlaku

 

 

8

Saya berusaha membela kebenaran dan keadilan

 

 

9

Saya rela berkorban demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara

 

 

10

Saya berusaha menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab

 

 

 

Inventori digunakan untuk menilai konsep diri peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.Rentangan nilai yang digunakan antara 1 dan 2. Jika jawaban YA maka diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK maka diberi skor  1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang nilai antara 0–5 dikategorikan tidak positif; 6–10, kurang positif; 11– 5 positif dan 16–20 sangat positif.

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Tue, 19 Nov 2013 23:57:56 +0000
Format RPP Kurikulum 2013 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/4-format-rpp-kurikulum-2013 https://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/4-format-rpp-kurikulum-2013

Buat temen temen guru yang masih bingung membuat perangkat mengajar versi kurikulum 2013. disini saya mencoba menuliskan sebuah contoh mendesain sebuah RPP versi kurikulum 2013 yang saya dapatkan ketika PLPG tgl 25 sept sd 4 okt 2013 kemarin. Semoga tulisan ini bermanfaat buat temen temen guru semua. Amin amin ya robbal alamin 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                        : SMK …..

Kelas/Semester            :X / Genap

Mata Pelajaran             : .......................

Materi Pokok               : …………………….

Alokasi Waktu             : …….x…..JP

 

A.    Kompetensi Inti

Sesuai dengan KI KD di silabus....................................................

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

 

1.                   ……………………………….(KD pada K-1)

2.                   ……………………………….(KD pada K-2)

3.                   ……………………………….(KD pada K-3)

Indikator  : ………………………

4.                   ……………………………….(KD pada K-4)

Indikator  :  …………………….

C.    Tujuan Pembelajaran

Ditulis berdasarkan KD dan Indikator pada silabus

  1. Materi Pembelajaran

Ditulis pokok materi dan uraian garis besar saja berdasarkan tujuan pembelajaran dan jika orang lain menggunakan RPP tersebut juga  dapat menyajikan dengan baik

 

  1. Metode Pembelajaran

 

Metode : ………………….

Model Pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan model pembelajaran ………………..…………………

 

  1. Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan pembelajaran bisa direncanakan sekali pertemuan atau lebih dari satu kali pertemuan

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan pisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  2. Memberi motivasi siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari  dengan memberikan contoh dan perbandingan local, nasional dan internasional.
  3. Mengajukan pertanyaan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  4. Menjelaskan tujuan pelajaran ataun kompetensi dasar yang akan dicapai, dan
  5. Menyampaikan cakupan materi  dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

 

…… menit

Inti

Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajar, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik terpadu dan/ atau Saintifik  dan atau inquiri dan penyingkapan (discoveri)  dan/ atau  pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan maslah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan

a.  Sikap

Sesuai dengan karakteristik sikap , maka  salah satu yang dipilh adalah proses afeksi dari mulai menerima, menjalankan, menghargai, menghayati hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran  berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakukan aktivitas  tersebut

b.  Pengetahuan

Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas  mengetahui, memahami, menerapkan menganalisis, mengevaluasi hingga menciptakan.  Karakteristik aktivitas pembelajaran dalam domain  pengetahuan ini memiliki perbedaan dan kesamaan dengan aktivitas belajar dengan domain keterampilan . Untuk memperkuat saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan belajar berbasis penyingkapan/penelitian (disclovery/Inquiry learning). Untuk mendorong  peserta didik untuk menghasilkan karya kreaktif  dan konstektual, baik individual maupun kelompok, disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya  berbasis pemecahan masalah (project based learning).

c.  Keterampilan

Keterampilan diperoleh dari kegiatan mengamati, menanya , mencoba, menalar, menyaji dan  mencipta. Seluruh isi materi (topic dan sub. Topic) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan  harus mendorong siswa untuk melakukan  proses pengamatan hingga penciptaan. Untuk mewujutkan keterampilan tersebut perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan modus belajar berbasis penyingkapan/penelitian (project based learning).

………..menit

Penutup

Dalam kegiatan penutup guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok melakukan  refleksi untuk mengevaluasi :

  1. Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung.

  2. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

  3. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok, dan

  4. Mengimformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

 

……….menit

 

  1. Alat / Media / Sumber Pembelajaran

1.    Ditulis berdasarkan kebutuhan dari satuan bahasan yang disajikan

 

  1. Penilaian hasil belajar

Penilaian menggunakan penilaian Autentik berupa portofolio yang terdiri dari : Penilaian Kinerja dan Tes tertulis

1.       Teknik Penilaian  Kinerja

2.       Prosedur Penilaian

 

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

1.

Sikap

a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran ………………….

b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi

2.

Pengetahuan

a.    Menjelaskan kembali pengertian i …………………………………….

b.    Menyatakan kembali ……………………………………….

 

 

Pengamatan dan tes

 

Penyelesaian tugas individu dan kelompok

3.

 

Keterampilan

a.    Terampil menerapkan ………………………………………………..

b.    Terampil mengerjakan ………………………………………………………

 

Pengamatan

 

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

 

  1. Instrumen Penilaian Hasil belajar 

Tes tertulis

1.            Soal

2.            Soal

Jawaban:

1.    ...........................    

2.    …………………

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Tue, 15 Oct 2013 04:52:26 +0000