Afit Emy http://www.afit-emy.web.id Fri, 24 May 2019 02:33:38 +0000 Joomla! - Open Source Content Management en-gb Format RPP 2016 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/19-format-rpp-2016 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/19-format-rpp-2016

Mengacu pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.

Komponen RPP mencakup: (1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi; (4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan metode; (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah pembelajaran, dan (9) penilaian pembelajaran.

         

 Komponen RPP untuk SMK secara operasional diwujudkan dalam bentuk format sebagai berikut.

{pdf=http://afit-emy.web.id/images/format_rpp.pdf|100%|600|native}

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Mon, 24 Oct 2016 02:20:34 +0000
jobsheet PC Router Menggunakan Debian http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/tkj/item/18-jobsheet-pc-router-menggunakan-debian http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/tkj/item/18-jobsheet-pc-router-menggunakan-debian

Memahami konsep pc router pada sistem operasi linux, menerapkan langkah2 konfigurasi PC router pada Linux Debian

{pdf=http://afit-emy.web.id/images/JOOBSHEET_ROUTER.pdf|100%|600|native}

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) TKJ Thu, 20 Oct 2016 04:54:39 +0000
jobsheet DNS Server Menggunakan Debian http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/tkj/item/17-jobsheet-dns-server-menggunakan-debian http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/tkj/item/17-jobsheet-dns-server-menggunakan-debian

Memahami konsep DNS Server pada sistem operasi linux, menerapkan langkah2 konfigurasi PC DNS server pada Linux Debian

{pdf=http://afit-emy.web.id/images/joobsheet_dns.pdf|100%|600|native}

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) TKJ Mon, 17 Oct 2016 02:57:42 +0000
Komponen kurikulum 2013 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/16-komponen-kurikulum-2013 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/16-komponen-kurikulum-2013

Kebijakan Pemerintah tentang kurikulum 2013

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang implementasi Kurikulum 2013 SMK pada tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Bersama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor 5496/C/KR/2014 dan Nomor 7915/D/KP/2014 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 pada Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

 Dalam penyusunan kurikulum 2013 perlu diketahui beberapa komponen diantaranya :

  1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada pendidikan SMK adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dapat dicapai setelah peserta didik menyelesaikan masa belajar.SKL merupakan acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya Kompetensi Inti dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD).
  2. Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai SKL.
  3. Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Intiyang harus diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran. Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran serta perkembangan belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti dan dikembangkan berdasarkan taksonomi hasil belajar.
  4. Taksonomi dimaknai sebagai seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku peserta didik yang terbagi ke dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pembagian ranah perilaku belajar dilakukan untuk mengukur perubahan perilaku seseorang selama proses pembelajaran sampai pada pencapaian hasil belajar, dirumuskan dalam perilaku (behaviour) dan terdapat pada indikator pencapaian kompetensi.
]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Thu, 10 Sep 2015 07:48:37 +0000
konfigurasi proxy server di linux ubuntu 12.04 http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/tkj/item/15-proxy-server http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/tkj/item/15-proxy-server

 KONFIGURASI PROXY SERVER DENGAN LINUX UBUNTU SERVER 12.04

Pengertian dan definisi Proxy Server

Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet. Atau dalam kata lain, server proxy adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan local dan jaringan internet. Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungkan komputer client dengan jaringan luar

Cara kerja Proxy Server

Ketika seorang layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang diminta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah - olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy, maka identitas komputer tersembunyi

Cara kerja proxy server sebenarnya sangat sederhana. Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang di minta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy, maka identitas komputer menjadi tersembunyi. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server. - See more at: http://www.kamusq.com/2013/09/proxy-server-adalah-pengertian-dan.html#sthash.6HfJTjO4.dpuf
Cara kerja proxy server sebenarnya sangat sederhana. Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang di minta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy, maka identitas komputer menjadi tersembunyi. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server. - See more at: http://www.kamusq.com/2013/09/proxy-server-adalah-pengertian-dan.html#sthash.6HfJTjO4.dpuf

 Tahap installasi proxy server

Dalam artikel ini, penulis menggunakan aplikasi proxy squid yang merupakan bawaan dari sistem operasi linux ubuntu 12.04

berikut adalah langkah - langkahnya :

  • Pertama-tama install terlebih dahulu squid melalui synaptic atau melalui command prompt dengan mengetikkan perintah :

         #apt-get install squid

  • Sebelum di edit terlebih dahulu backup dulu file aslinya agar kalau rusak bisa dikembalikan ke default

         #cp /etc/squid/squid.conf /etc/squid/squid.conf.bak

  • Selanjutnya konfigurasi script Squid :

#nano /etc/squid/squid.conf

      Akan muncul file konfigurasi squid yang sangat panjang, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan           

 1.      Cari tulisan dengan menekan tombol Ctrl+w dan tulis http_port 3128

              

 2.  Hapus tanda pagar # dan tambahkan tulisan transparent

     http_port 3128 transparent

 3.  Cari script acl localnet seperti gambar dibawah ini :

          

        4.  Lalu tambahkan dengan script sebagaimana gambar berikut :

         

             Perintah yang dilingkari diatas merupakan kelas jaringan local yang digunakan

 5.Selanjutnya cari script cache_mgr, hilangkan tanda pagar (#) lalu edit dengan nama E-Mail DNS kita buat di server, sebagaimana gambar berikut. 

      

       

         6.  Cari script visible_hostname, hilangkan tanda pagar (#) lalu edit dengan mengisikan alamat website yang kita buat
              server sebagaimana gambar berikut ini :

                 

         7.  Cari script acl connect, lalu tambahkan script berikut ini :

         

8.   Cari script finally deny. Beri tanda pagar pad baris http_access sebagaimana gambar berikut ini :

        

9.  Setelah itu simpan perubahan dengan menekan tombol Ctrl+O lalu Enter kemudian keluar dari editor dengan menekan tombol Ctrl+X.

10.  Buat file dengan nama “situs” pada direktori “/etc/squid3/” untuk menampung alamat-alamat url yang akan diblokir.

Perintahnya : # nano /etc/squid3/situs

11.  Lalu isi file tersebut dengan alamat berikut :

            

12. Buat file dengan nama “key” pada direktori “/etc/squid3/” untuk menampung kata-kata yang akan diblokir. Perintahnya : # nano /etc/squid3/key

13. Lalu isi file tersebut dengan kalimat berikut :

      google

      yahoo

14. Kemudian restart squid3 dengan perintah # /etc/init.d/squid3 restart

15. Tunggu sampai proses selesai dan pastikan proses tidak mengalami error. Sebagaimana gambar berikut.

            

       16. Konfigurasi file resolv.conf dengan perintah # nano /etc/resolv.conf .

           

             Pastikan terdapat konfigurasi nameserver 192.168.100.1, jika tidak ada tambahkan dibawahnya

17.Konfigurasi file rc.local dengan perintah : # nano /etc/rc.local

      Iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-ports 3128

Tambahkan script diatas sebelum “exit 0”,

Setelah itu restart server dengan perintah # reboot

Cara kerja proxy server sebenarnya sangat sederhana. Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang di minta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy, maka identitas komputer menjadi tersembunyi. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server. - See more at: http://www.kamusq.com/2013/09/proxy-server-adalah-pengertian-dan.html#sthash.6HfJTjO4.dpuf

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) TKJ Tue, 14 Apr 2015 00:54:14 +0000
satuan berat http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/matematika/item/14-satuanberat http://www.afit-emy.web.id/index.php/materi-pembelajaran/matematika/item/14-satuanberat

Ukuran Standar

 
PANJANG BERAT LUAS ISI
km = kilo meter
hm = hekto meter
dam = deka meter
m = meter
dm = desi meter
cm = centi meter
mm = mili meter
kg = kilo gram
hg = hekto gram
dag = deka gram
g = gram
dg = desi gram
cg = centi gram
mg = mili gram
ka = kilo are
ha = hekto are
daa = deka are
a = are
da = desi are
ca = centi are
ma = mili are
kl = kilo liter
hl = hekto liter
dal = deka liter
l = liter
dl = desi liter
cl = centi liter
ml = mili liter
1 km = 10 hm
1 hm = 10 dam
1 dam = 10 m
1 m = 10 dm
1 dm = 10 cm
1 cm = 10 mm
1 kg = 10 hg
1 hg = 10 dag
1 dag = 10 g
1 g = 10 dg
1 dg = 10 cg
1 cg = 10 mg
1 ka = 10 ha
1 ha = 10 daa
1 daa = 10 a
1 a = 10 da
1 da = 10 ca
1 ca = 10 ma
1 kl = 10 hl
1 hl = 10 dal
1 dal = 10 l
1 l = 10 dl
1 dl = 10 cl
1 cl = 10 ml
1 km = 10 hm
  = 100 dam
  = 1.000 m
  = 10.000 dm
  = 100.000 cm
  = 1.000.000 mm
1 kg = 10 hg
  = 100 dag
  = 1.000 g
  = 10.000 dg
  = 100.000 cg
  = 1.00.000 mg
1 ka = 10 ha
  = 100 daa
  = 1.000 a
  = 10.000 da
  = 100.000 ca
  = 1.00.000 ma
1 kl = 10 hl
  = 100 dal
  = 1.000 l
  = 10.000 dl
  = 100.000 cl
  = 1.00.000 ml
1 hm = 10 dam
  = 100 m
  = 1.000 dm
  = 10.000 cm
  = 100.000 mm
1 hg = 10 dag
  = 100 g
  = 1.000 dg
  = 10.000 cg
  = 1.0.000 mg
1 ha = 10 daa
  = 100 a
  = 1.000 da
  = 10.000 ca
  = 1.0.000 ma
1 hl = 10 dal
  = 100 l
  = 1.000 dl
  = 10.000 cl
  = 1.0.000 ml
1 dam = 10 m
  = 100 dm
  = 1.000 cm
  = 10.000 mm
1 dag = 10 g
  = 100 dg
  = 1.000 cg
  = 10.000 mg
1 daa = 10 a
  = 100 da
  = 1.000 ca
  = 10.000 ma
1 dal = 10 l
  = 100 dl
  = 1.000 cl
  = 10.000 ml
1 m = 10 dm
  = 100 cm
  = 1.000 mm
1 g = 10 dg
  = 100 cg
  = 1.000 mg
1 a = 10 da
  = 100 ca
  = 1.000 ma
1 l = 10 dl
  = 100 cl
  = 1.000 ml
1 dm = 10 cm
  = 100 mm
1 dg = 10 cg
  = 100 mg
1 da = 10 ca
  = 100 ma
1 dl = 10 cl
  = 100 ml
1 inci = 2,54 cm
1 foot = 12 inci = 0,3048 m
1 yard = 3 feet = 0,9144 m
1 mile = 1.760 yards
1 mile = 1,6093 km
1 ton = 1000 kg
1 ton = 10 kwintal
1 kwintal = 100 kg
1 kg = 2 pon
1 pon = 5 ons
1 hg = 1 ons
1 kg = 10 ons
1 ons = 100 gram
1 hektar = 10.000 m2
1 are = 1 dam2 = 100 m2
1 ca = 1 m2
1 m3 = 1000 liter
1 dm3 = 1 liter
1 liter = 1000 cm3
1 cm3 = 1 cc
1 barrel = 158,99 liter
1 gallon = 4,5461 liter
Satuan lain :
1 gross = 144 buah
1 gross = 12 lusin
1 lusin = 12 buah
1 kodi = 20 helai
1 rim = 500 lembar
 sumber : http://www.invir.com/ukuran-standar.html
]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Matematika Thu, 09 Apr 2015 03:16:48 +0000
program semester semester genap http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/13-jaringan-dasar http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/13-jaringan-dasar

SMK ARDJUNA 1 MALANG

PROGRAM SEMESTER

                                                                             
                                                                             
 

Mata Pelajaran

: Jaringan Dasar

                                           

Semester

 

:

Ganjil

 

Kelas

   

: X (Sepuluh)

                                                 

T.P

     

:

2014 / 2015

                                                                             
                                                                             

No

Kompetensi dasar/Materi Pokok (Termasuk Uji kopetensi dan ujian semester)

Alokasi Waktu

B U L A N

Ket.

JANUARI

FEBRUARI

MARET

APRIL

MEI

JUNI

SK

KD

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

2

3,6

Memahami Protokol pengalamatan jaringan

 5 (2 x 45")

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari efektif

 

3,7

Memahami perangkat keras jaringan

5 (2 x 45")

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Libur semester/hari besar

 

3,8

Memahami aplikasi jaringan pada sistem operasi operasi komputer

4 (2 x 45")

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ujian Semester

 

3,9

Memahami penggelaran  jaringan sederhana horisontal

4 (2 x 45”)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ujian Kompetensi / Sub kompetensi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MID Semester

                                                                             
                                                                             
 download                                                                                

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Wed, 08 Apr 2015 03:01:43 +0000
RPP Pemrograman dasar kd 3.1 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/11-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-1 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/11-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-1

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                            :  SMK ARDJUNA 1 MALANG

Kelas                                          :  X

Semester                                     :  GANJIL

Program Keahlian                        :  TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)

Mata Pelajaran                            :  PEMROGRAMAN DASAR

Jumlah Pertemuan                        :  16 JP [8 X (2 x 45 Menit)]

Kompetensi dasar                        :  KD.3.1 Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemerograman

                                                      KD.4.1  Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan

Materi pokok                               :  Konsep Algoritma Pemrograman

 

A.     Kompetensi Inti

KI 1    :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI 2    :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3     :   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4     :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1        Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2        Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

3.1        Memahami struktur algoritma penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman

Indikator :

3.1.1       Menyebutkan konsep algoritma pemrograman dengan benar

3.1.2       Menyebutkan struktur penulisan algoritma pemrograman menggunakan diagram  atau simbol algoritma dengan benar

3.1.3      Menyebutkan dan menjelaskan komponen algoritma (variabel, type data dan operator) pemrograman dengan tepat dan benar

4.1        Menggunakan algoritma percabangan untuk pemecahan permasalahan

Indikator :

4.1.1.   Menggambarkan / menuliskan algoritma pemrograman sesuai dengan struktur penulisannya menggunakan diagram atau simbol algoritma untuk memecahkan permasalahan dengan tepat dan benar

C.      Tujuan Pembelajaran

<!  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya dan menggunakannya untuk mengembangkan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

<!  2)     Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki danmenunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam             melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan gerbang logika.

<!  3)   Setelah melakukan pembelajaran tentang konsep algoritma, siswa dapat mengerti dan memahamikonsep penggunaan data dalam algoritma     dan konsep penulisan algoritma sesuai dengan struktur penulisannya baik menggunakan diagram atau simbol untuk menyelesaikan masalah.

<!  4)  Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapatmenuliskan / menggambarkan algoritma sesuai dengan struktur penulisannya baik menggunakan     diagram atau simbol untuk menyelesaikan masalah.

D.     Materi Pembelajaran

Algoritma percabangan

1)     Konsep Algoritma

2)     Struktur algoritma

3)     Algoritma menggunakan bahasa natural

4)     Pengenalan variabel

5)     Pengenalan type data

6)     Pengenalan operator

7)     Pseudocode

8)     Flowchart

9)     Penggunaan tool flowchart

E.      Metode Pembelajaran

1)    Ceramah

2)    Diskusi

3)    Tanya jawab

4)    Penugasan

F.       Model pembelajaran

Pertemuan 1

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Think-Pair and Share dengan pendekatan scientific dengan langkah- langkah :

1.     Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai

2.     Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru

3.     Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing

4.     Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya

5.   Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa

6.    Guru memberi kesimpulan

7.    Penutup

 

Pertemuan 2,3,4,5,6

Metode pembelajaran yang digunakan adalah STAD dengan pendekatan scientific dengan langkah- langkah :

1.   Membentuk kelompok yang anggotanya 3-4 orang secara  heterogen (campuran menurut  prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

2.      Guru menyajikan pelajaran

3.    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

4.      Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu

5.      Memberi evaluasi

6.      Kesimpulan

Pertemuan 7,8

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Problem Base Instruction (PBI) dengan pendekatan scientific dengan langkah – langkah :

1.   Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih

2.  Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)

3.   Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.

4.      Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

5.     Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal(30 menit)

Mengamati

Guru memberikan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari yang dapat mengasah / menggali cara berfikir siswa menggunakan logika.  

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru

B.      Kegiatan Inti  (45 menit)

Mengeksplorasi

Siswa berpasangan dengan sesama temannya (kelompok minimal 2 orang)

Mengeksplorasi sebuah permasalahan menggunakan alur logika / algoritma

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang cara memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari hari menggunakan logika / algoritma

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah menggunakan logika / algoritma

C.      Penutup (15 menit)

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah logika / algoritma

Pertemuan 2

A.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (30 menit)

Mengamati

Guru memberikan pelbagai contoh penerapan algoritma dasar menggunakan bahasa natural

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan algoritma pemrograman yang digunakan

B.      Kegiatan Inti  (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam sebuah kelompok kecil dan memberikan sebuah soal yang harus diselesaikan oleh masing – masing kelompok menggunakan algoritma pemrograman dalam bahasa natural

Siswa berkelompok dan mendiskusikan pemecahan permasalahan yang diberikan oleh guru

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan bahasa natural

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah menggunakan algoritma sederhana dalam bahasa natural

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 3

A.     Pendahuluan/Kegiatan Awal.(30 menit)

Mengamati

Guru menjelaskan tentang konsep variabel dan type data serta memberikan pelbagai contoh penerapan variabel dan type data dalam bahasa pemrograman

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan variabel dan type data

B.     Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam sebuah kelompok kecil

Guru memberikan sebuah soal yang berkaitan dengan variabel dan type data pada masing – masing kelompok

Siswa berkelompok dan mendiskusikan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang variabel dan type data dan penerapannya dalam bahasa pemrograman

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang jawaban yang diperoleh dari masing – masing kelompok

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 4

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal.(30 menit)

Mengamati

Guru menjelaskan tentang konsep operator serta memberikan pelbagai contoh penerapan operator data dalam bahasa pemrograman

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait dengan operator dan penerapannya dalam bahasa pemrograman

B.      Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam sebuah kelompok kecil

Guru memberikan sebuah soal yang berkaitan dengan operator pada masing – masing kelompok

Siswa berkelompok dan mendiskusikan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang operator dan penerapannya dalam bahasa pemrograman

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang jawaban yang diperoleh dari masing – masing kelompok

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 5

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal(30 menit)

Mengamati

Guru menjelaskan tentang konsep perancangan algortima pseudocode

Menanya

Mengajukan pertanyaan algoritma pseudocode

B.      Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil

Guru membagikan kepada masing – masing kelompok sebuah algoritma sederhana dalam bahasa natural

Guru menugaskan kepada masing – masing kelompok untuk merancang sebuah algoritma pseudocode

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penggunaan algoritma pseudocode dalam algoritma pemrograman.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang penggunaan algoritma pseudocode

C.      Penutup (15 menit)

Guru memberikan pertanyaan / kuiz kepada siswa. Dalam menjawab pertanyaan masing – masing siswa tidak boleh saling membantu

Pertemuan 6

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal(30 menit)

Mengamati

Guru menayangkan sebuah presentasi dan menjelaskan tentang simbol – simbol diagram alir flochart beserta penggunaanya

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan simbol – simbol diagram alir flowhart

B.      Kegiatan Inti (45 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil

Guru membagikan kepada masing – masing kelompok sebuah algoritma sederhana dalam bahasa natural

Guru menugaskan kepada masing – masing kelompok untuk menggambarkan simbol flowchart dari algoritma yang telah diterima oleh masing – masing kelompok

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penggunaan simbol flowcart dalam algoritma pemrograman.

Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang penggunaan simbol flowchart

C.      Penutup (15 menit)

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan simbol – simbol diagram alir flowhart

 

Pertemuan 7,8

A.      Pendahuluan/Kegiatan Awal.(30 menit)

Mengamati

Guru mendemonstrasikan tools dalam aplikasi MS word yang bisa digunakan untuk pembuatan diagram alir flowchart.

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan tools dalam aplikasi MS Word

B.      Kegiatan Inti (30 menit)

Mengeksplorasi

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil

Guru memberikan sebuah proyek kecil yang harus dikerjakan siswa menggunakan algoritma pemrograman dalam bentuk bahasa pseudocode dan diagram alir flowchart

Mengasosiasi

Menyelesaikan proyek kecil yang diberikan oleh guru dan menggambarkannya dalam aplikasi MS Word

C.      Penutup (30 menit)

Mengkomunikasikan

Mempresentasikan dan mendemonstrasikan hasil kerja proyek oleh masing – masing kelompok

H.      Alat / Media / Sumber Pembelajaran

a.      Alat : software aplikasi Power point, software aplikasi MS Word

b.     Media : file presentasi power point

c.     Sumber belajar : joobsheet, buku paket

d.    Referensi :

Sutedjo, budi, Algoritma dan  Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.  

Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011

 

I.        Penilaian hasil belajar

  1. Penilaian Proses :

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Bentuk penilaian

Instrumen Penilaian

1.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Pengamatan

Lembar Pengamatan sikap

2.

Peduli

3.

Responsif 

4.

Santun

 

  1. Penilaian Kinerja

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

·      Menjelaskan konsep algoritma pemrograman dasar dalam bentuk bahasa natural, pseudocode maupun flowchart

·     Menjelaskan konsep type data, variabel dan operator

Tes tertulis

Isian

Lembar penilaian

Melakukan perencanaan algoritma dalam bentuk bahasa natural, pseudocode dan flowchart

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Melakukan pendeklarasikan variabel dan type data dan operator dalam perancangan algoritma dalam bentuk bahasa natural, pseudocode dan flowchart

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

 


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

 

Mata Pelajaran            : Sistem komputer

Kelas/Semester            : X/Ganjil

Tahun Pelajaran           : 2013/2014

Waktu Pengamatan     :

Indikator sikap tanggung jawab dalam pembelajaran Sistem Komputer

1.   Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan

2.   Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan tetapi belum ajeg/konsisten

3.     Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap peduli dalam kegiatan kelompok.

1.   Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk peduli dalam kegiatan kelompok.

2.   Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk peduli dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.    Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha peduli dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2.     Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.     Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap santun terhadap proses pembelajaran.

1.       Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku. 

2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam bersikap baik dalam pergaulan dari segi bahasa maupun tingkah laku secara terus menerus dan ajeg/konsisten

 Contoh Form : A

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Tanggung jawab

Peduli

Responsif

Santun

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

KB      : Kurang baik

B         : Baik

SB       : Sangat baik

 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Mata Pelajaran                        : Sistem Komputer

Kelas/Semester                        : X/Ganjil

Tahun Pelajaran                       : 2013/2014

Waktu Pengamatan                 :

 

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya

1.     Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya

2.      Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya tetapi belum tepat.

3.      Sangat terampill  jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan konversi sistem bilangan desimal ke biner, oktal, heksa atau sebaliknya dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

 

No

 

Nama Siswa

 

Keterampilan

KT

T

ST

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

Keterangan:

KT       : Kurang terampil

T          : Terampil

ST        : Sangat terampil        

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Mon, 25 Aug 2014 01:17:51 +0000
Memblokir facebook di linux ubuntu server 12.04 http://www.afit-emy.web.id/index.php/component/k2/item/10-memblokir-facebook-di-linux-ubuntu-server-12-04 http://www.afit-emy.web.id/index.php/component/k2/item/10-memblokir-facebook-di-linux-ubuntu-server-12-04

Pernahkah anda sebagai seorang guru yang mengajar di lab komputer, ketika sedang menjelaskan materi di depan kelas, siswa siswi kita ternyata sedang asyik update status di depan komputernya masing - masing. 

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman kepada anda bagaimana memblokir situs tertentu menggunakan Iptables yang ada di linux ubuntu server 12.04

Sebelum mencoba tips berikut ini pastikan jalur internet yang berada di lab, atau yang diakses oleh siswa kita terhubung ke komputer server. Pada tutorial ini server yang saya gunakan adalah ubuntu server 12.04 yang juga sebagai PC Router, karena dapat menghemat biaya pengadaan perangkat di sekolah saya.

berikut gambar topologinya :

Langkah - langkah konfigurasi 

  1. login di linux ubuntu server sebagi root
  2. ketikkan perintah iptables sbg :

          sudo iptables -A FORWARD -d www.facebook.com -j REJECT

 

         keterangan :

         -A FORWARD = menambahkan aturan untuk mengatur paket yang melintasi firewall

         -d  = (destination) mencocokan paket berdasarkan tujuan

         www.facebook.com  = alamat web / url yang akan diblokir

         -j REJECT  = menolak semua paket berdasarkan rule yang akan dibuat

 

      3.  simpan perintah iptable tersebut dengan perintah :   iptablesaves-namafile

      4.  iptablesave-iptable-blokir

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Tips & Triks Tue, 03 Jun 2014 03:49:05 +0000
RPP Pemrograman Dasar KD 3.4 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/9-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-4 http://www.afit-emy.web.id/index.php/perangkat-mengajar/item/9-rpp-pemrograman-dasar-kd-3-4

Untitled Document

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK ARDJUNA 1 MALANG
Kelas : X TKJ
Semester : GENAP
Program Keahlian : TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
Jumlah Pertemuan : 4 X (2 x 45 Menit)
Materi pokok : Menerapkan Bahasa Pemrograman

A. Kompetensi Inti

  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

  1.1 : Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
  1.2 : engamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
  2.1 : Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
  2.2 : Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
  3.4   Menerapkan Bahasa Pemrograman
     

Indikator :

  1. Mengetahui cara mengoperasikan software bahasa pemrograman
  2. Mengetahui fungsi tools/framework pada software bahasa pemrogaman
  3. Mengetahui struktur penulisan pada software bahasa pemrograman
  4. Mengetahui standart input /output dalam bahasa pemrograman
  5. Mengetahui cara mengkompilasi dan menjalankan program sederhana pada software bahasa pemrograman
  4.4   Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
    :

Indikator :

  1. Dapat mengoperasikan software bahasa pemrograman dengan benar dan lancar
  2. Dapat mengelola tools/framework pada software bahasa pemrograman dengan tepat
  3. Dapat menuliskan struktur penulisan bahasa pemrograman ke dalam software bahasa pemrograman dengan benar
  4. Dapat menuliskan perintah input/output ke dalam software bahasa pemrograman dengan benar
  5. Dapat mengkompilasi dan menjalankan program sederhana menggunakan software bahasa pemrograman dengan tepat dan benar

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya dan menggunakannya untuk mengembangkan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan penerapan bahasa pemrograman.
  3. Setelah melakukan percobaan menerapkan bahasa pemrograman, siswa dapat mengerti dan memahami langkah menerapkan bahasa pemrograman baik melalui lisan maupun tulisan.
  4. Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat melakukan penerapan bahasa pemrograman dengan benar secara lisan mupun tulisan.

D. Materi Pembelajaran

  1. Pengenalan bahasa pemrograman
  2. Pengenakan tools/framework pengembangan program
  3. Installasi tools bahasa pemrograman
  4. Struktur bahasa pemrograman
  5. Standar input/output dalam bahasa pemrograman
  6. Kompilasi dan eksekusi program
  7. Perbaikan kesalahan

E. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Tanya jawab
  4. Penugasan

F. Model Pembelajaran

Problem Base Instruction (PBI) dengan pendekatan scintific dengan langkah – langkah :

  1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati Guru mendemonstrasikan langkah – langkah installasi software bahasa pemrograman
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan installasi software bahasa pemrograman
Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi Melakukan installasi software bahasa pemrograman
Mengasosiasi Membuat ulasan tentang installasi software bahasa pemrograman dan penanganan error saat installasi bahasa pemrograman
Mendiskusikan hasil pemecahan masalah installasi software bahasa pemrograman secara berkelompok
Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah installasi bahasa pemrograman

Pertemuan 2

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati Guru menjelaskan macam – macam menu tools / framework editor dalam software bahasa pemrograman serta menjelaskan fungsi dan teknik penggunaannya
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan tools / framework pada software bahasa pemrograman
Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi Mengeksplorasi fungsi masing-masing menu tools / framework editor dalam software bahasa pemrograman
Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang menu tools / framework editor dalam software bahasa pemrograman

Mendiskusikan fungsi dan teknik pengoperasian menu tools / framework editor bahasa pemrograman secara berkelompok
Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan menu tools / framework editor bahasa pemrograman

Pertemuan 3

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati

Guru mendemonstrasikan struktur penulisan program dalam bahasa pemrograman
Guru mendemonstrasikan penulisan sebuah program sederhana sesuai dengan struktur penulisan program
Guru mendemonstrasikan teknik kompilasi dan eksekusi program

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait teknik penulisan struktur program dalam software bahasa pemrograman dan teknik kompilasi serta eksekusi program

Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi

Menuliskan kode program sederhana sesuai dengan struktur program dalam bahasa pemrograman
Mengkompilasi dan mengeksekusi program sederhana

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penulisan program sederhana sesuai dengan struktur bahasa pemrograman dan hasil kompilasi serta eksekusi program
Mendiskusikan hasil pemecahan masalah tentang penulisan program dan hasil kompilasi terta eksekusi program secara berkelompok

Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang struktur penulisan program dan hasil kompilasi serta eksekusi program sederhana

Pertemuan 4

Pendahuluan/Kegiatan Awal.................................................................................. (30 menit)
Mengamati

Guru mendemonstrasikan perintah input/output dan teknik penulisannya dalam bahasa pemrograman

Guru mendemonstrasikan teknik kompilasi dan eksekusi program

Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait teknik penulisan input/output dalam pemrograman dan teknik kompilasi serta eksekusi program

Kegiatan Inti .......................................................................................................... (45 menit)
Mengeksplorasi

Menuliskan kode program input/output sederhana sesuai dengan struktur program dalam bahasa pemrograman
Mengkompilasi dan mengeksekusi program sederhana

Mengasosiasi

Membuat ulasan tentang penulisan program input/output sederhana sesuai dengan struktur bahasa pemrograman dan hasil kompilasi serta eksekusi program

Mendiskusikan hasil pemecahan masalah tentang penulisan program input/output dan hasil kompilasi terta eksekusi program secara berkelompok
Penutup ................................................................................................................. (15 menit)
Mengkomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang struktur penulisan program input/output dan hasil kompilasi serta eksekusi program sederhana

G. Alat / Media / Sumber Pembelajaran

  1. Alat : software aplikasi Power point, software bahasa pemrograman
  2. Media : file presentasi power point, LCD Proyektor
  3. Sumber belajar : joobsheet, buku paket
  4. Referensi :
  • Hendi Hudaya,Agus Tukiman dan Gina Isyaora .2010. Teknik Komputer dan Jaringan seri A. Bandung : ARMICO
    Fauziah S.Kom., msi, 2011, Teknik Komputer Jaringan seri 1, Ciawi-Bogor : Yudistira

H. Penilaian hasil belajar

  1. Penilaian Proses :

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Bentuk penilaian

Instrumen Penilaian

1.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Pengamatan

Lembar Pengamatan sikap

2.

Peduli

3.

Responsif  

4.

Santun

  1. Penilaian Kinerja

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

Memahami teknik penulisan struktur  bahasa pemrograman dan perintah dasar input/output dalam bahasa pemrograman

Tes tertulis

Isian

Lembar penilaian

Melakukan installasi software bahasa pemrograman

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Melakukan penulisan program input/output sederhana dan kompilasi serta eksekusi program sesuai prosedur

Unjuk kerja

Keterampilan tertulis

Lembar pengamatan ketrampilan

Soal :

  1. Tuliskan sebuah script program sederhana untuk menampilkan kalimat berikut ini :

                        Ini Program C++ Pertama Saya

      • Simpan program dengan nama latihan1.cpp!
      • Compile dan jalankan program tersebut !

 

]]>
admin@afit-emy.web.id (Afit Emy) Perangkat Mengajar Fri, 16 May 2014 10:33:15 +0000